CARA TRANSLATE AKSARA JAWA ONLINE

Begini Cara Translate Aksara Jawa Secara Online

Salah satu bahasa daerah yang bisa dibilang paling terkenal adalah bahasa jawa dan ketika anda pergi travelling ke daerah jawa banyak sekali aksara jawa yang digunakan untuk tulisan di rambu-rambu hingga ke sovenir. Nah yang akan teknobgt bahas kali ini adalah cara translate aksara jawa secara online langsung dari Hp kamu.

Aksara jawa ini banyak sekali digunakan oleh para seniman di daerah Yogyakarta khususnya untuk dibuat menjadi tulisan di sovenir, kaos dan juga yang lainnya  Anda juga bisa melihat aksara jawa ini di rambu-rambu jalan dan di tempat wisata. Aksara jawa yang paling banyak digunakan adalah carakan atau disebut juga hanacaraka.

Keunikannya ini membuat banyak orang tertarik untuk mempelajarinya dan cara yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi yang bisa mentranslate aksara jawa ke bahasa jawa ataupun bahasa Indonesia.

Cara Translate Aksara Jawa Ke Bahasa Indonesia

Ada 2 cara yang bisa kamu pakai untuk translate aksara jawa ke bahasa Indonesia ataupun bahasa jawa yaitu menggunakan aplikasi Android dan juga melalui website.

Baca Juga:  Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di HP Dengan Mudah

Aplikasi Nulis dan Translate Aksara Jawa

aplikasi nulis aksara jawa

Aplikasi yang pertama adalah Aplikasi Aksara Jawa – Nulis Aksara Jawa | Ketik & Konversi yang dibuat oleh UZAN. Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya (Baca: Aplikasi Android Nulis Aksara Jawa), aplikasi ini memiliki banyak fitur diantaranya adalah konversi / translate tulisan ke aksara jawa dan sebaliknya.

Adapun Fitur-fitur lengkapnya adalah sebagai berikut :

  1. Konversi tulisan menjadi aksara jawa.
  2. Mengetik aksara jawa dengan hasil bacanya.
  3. Aksara lengkap mulai dari huruf dasar, pasangan, aksara murda, aksara swara, aksara rekan, dan angka jawa.
  4. Tulisan aksara jawa dapat disimpan sebagai gambar.
  5. Tulisan aksara jawa dapat disalin sebagai teks.*

Aplikasi Aksara Jawa Hirson

aplikasi aksara jawa by hirson

Selain buatan UZAN, ada juga aplikasi aksara jawa dari Hirson yang fungsinya hampir mirip, tapi ini bisa menjadi alternatif untuk kamu saja mana yang lebih nyaman untuk digunakan.

Fungsi utama dari aplikasi buatan Hirson ini adalah mengkonversi / merubah / translate dari Latin menjadi Aksara Jawa dan begitu pula sebaliknya. Ada beberapa aksara jawa yang bisa kamu pilih disini, diantaranya adalah

  • Aksara Jawa dan pasangan
  • Aksara Murda dan pasangan
  • Aksara Swara
  • Aksara Rekaan
  • Aksara Wilangan
  • Sandhangan
Baca Juga:  Begini Cara Merubah Lokasi Folder Google Drive di Windows 10

Aplikasi android ini gratis dan mudah digunakan, Klik Disini untuk instal Hp kamu sekarang.

Melalui sastra.org/huruf-jawa

huruf jawa sastra org

Selain menggunakan kedua aplikasi diatas untuk mentranslate aksara jawa ke latin, ada cara lain yang bisa kalian gunakan yaitu melalui website sastra.org. Tipe font huruf Jawa yang digunakan di situs web ini adalah HanacarakaJG (Jason Glavy 2005). Pedoman mengenai penulisan huruf Jawa dapat dibaca di Sastra Sriwedari.

Jadi, aplikasi-aplikasi tersebut bisa dikategorikan sebagai kamus aksara jawa yang sifatnya online dan dalam sebuah aplikasi. Ini juga memudahkan anda untuk mengakses kamus aksara jawa online dimana saja.

Nah itulah 3 cara yang bisa kalian gunakan untuk mentranslate aksara jawa ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Semoga ini bisa bermanfaat dan bisa membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *