Home / Tekno Business / Cara Cek Kuota Internet Semua Kartu Prabayar
cara cek kuota internet

Cara Cek Kuota Internet Semua Kartu Prabayar

Ech Bro.. Cara cek kuota internet itu gimana sih? nah kamu sering denger nggak temen kamu nanya begitu?

Kemajuan teknologi memang membuat penyedia layanan seluler terus berbenah melakukan perubahan dan inovasi untuk menarik hati penggunanya maupun calon pengguna barunya. Mereka menyediakan berbagaimacam layanan terbaik yang memudahkan pelanggannya dalam mengakses layanan seperti paket SMS, telepon dan terutama internet.

Fasilitas layanan seluler yang paling banyak digunakan saat ini adalah layanan intenet, ya karena memang saat ini hampir setiap orang menggunakan sosial media setiap hari yang mana ini menggunakan koneksi internet untuk mengkasesnya.

Orang membeli pulsa untuk paket internet, orang ke konter pulsa belinya kuota internet, ya memang koneksi internet ini memiliki banyak kelebihan, kita bisa mengganti sms dengan layanan chat seperti Whatsapp, line dll. atau telepon menggunakan video call dan telpon suara yang menggunakan intenet.

Beda provider tentu berbeda juga cara pengecekannya. Berikut adalah cara mengecek kuota internet, yang mana media Tirto juga sudah membahas duluan.

Cara Cek Kuota Internet Terbaru

Internet Telkomsel

cek kuota internet telkomsel

Cara 1 : Aplikasi MyTelkomsel

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel yang bisa kamu download di Google Playstore untuk android ataupun App Store untuk iPhone.

Cara cek kuota internet telkomsel menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, kamu hanya tinggal login ke aplikasi tersebut menggunakan nomor telpon dan mengkonfirmasinya, dan setelah login berhasil maka disitu akan muncul sisa kuota internet kamu dan juga masa aktifnya.

Bukan hanya untuk cek kuota saja sih kegunaan aplikasi ini, karena selain itu kamu bisa cek pulsa juga, beli pulsa, beli paket internet juga ada. dan dalam aplikasi banyak informasi menarik seperti telkomsel poin, promo bulanannya, dan informasi menarik lainnya.

Cara 2 : Lewat SMS

Cara cek kuota menggunakan SMS ini simpel banget, buka aplikasi sms kamu kemudian ketik pasan dengan format UL(spasi)INFO kemudian kirim ke nomer 3636. Tunggu dalam beberapa detik sampai ada SMS balasan dari 3636 yang isinya pemberitahuan sisa kuota internet anda dan masa akifnya.

Cara 3 : Melalui DIAL *888#

Cara ini merupakan cara lama yang sebelum ada aplikasi mytelkomsel yang tanpa haru mengetik kombinasi dial nomor telepon. Cukup dengan masuk ke aplikasi Telepon dan tekan seperti ini *888# , setelah di tekan telpon nanti akan muncul pesan popup untuk melanjutkan proses cek kuotanya. ikut terus sesuai dengan notifikasi popunya maka nanti akan muncul jumlah kuota internetnya yang tersisa.

Internet XL

Cara 1 : Aplikasi MyXL

Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Hp Android maupun IOS iPhone, yang bisa membantu kamu untuk mengecek kuota internet dan masa aktifnya. Selain itu juga kamu bisa membeli pulsa dan paket internet. ada juga informasi terbaru seputar XL, promo, info hadiah dan masih banyak yang lainnya. Jika kamu pengguna Kartu XL kamu bisa langsung ajah download dan aktifkan, caranya :

  • Download aplikasi MyXL kemudian login menggunakan Nomor XL kamu, dan ikuti langkah selajutnya untuk verifikasi kode.
  • Kode verifikasinya akan masuk ke sms dan masukkan kembali di form kode di applikasinya.
  • setelah berhasil login, maka akan muncul dashboard yang menampilkan data kuota internet, sisa pulsa dan masa aktifnya. banyak juga informasi dan promo menarik disana.

Cara 2 : Menggunakan Dial Ke *123#

  • Buka aplikas telepon dan ketikkan kode USSD *123# lalu tekan Call, Selanjutnya muncul notifikasi pilihan informasi apa yang akan kamu cari, pilih opsi 5. (Internet) untuk mengetahun sisa kuota internet di kartu XL kamu.
  • Setelah itu akan dialihkan ke opsi Internet yang berisi informasi paket internet XL. pilih opsi 6. Cek Kuota. dan kamu diminta konfirmasi sekali lagi lalu pilih opsi 2. Cek Kuota.

Sebenarnya kamu bisa juga cek paket internet kamu menggunakan website resminya atau mengunakan sms. tapi cara itu lebih rumit, dan menurut teknobgt.com menggunakan aplikasi dan dial sudah cukup banyak membantu.

Internet Indosat

cek kuota internet indosat

Cara 1 : Menggunakan Aplikasi MyIM3

Cara cek kuota indosat im3 atapun ooredoo menggunakan aplikasi ini banyak keuntungannya , antara lain :

  • Kamu bisa cek pulsa prabayar dan sisa kuota internet, panggilan, dan juga SMS dalam 1 aplikasi, untuk bisa mengontrol pengeluaran dan penggunaan. jadi tanpa perlu lagi cek manual satu per satu.
  • Bisa juga menambahkan nomor Indosat Ooredoo lainnya ke aplikasi MyIM3 yang ada di Hp kamu dan mengelola semuanya di satu tempat.
  • Caranya gampang kok, kamu bisa download aplikasi MyIM3 di Playstore ataupun IOS Appstore sama seperti provider lainnya.

Perbarui aplikasimu ke  versi terbaru untuk menikmati update terbaru seperti promo Member Get Member! Kamu bisa dapatkan ekstra kuota gratis dengan mengundang teman, keluarga, atau kolega untuk mendownload dan menggunakan aplikas myIM3.

Cara 2 : Menggunakan SMS ke 363

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan SMS untuk mengetahui jumlah kuota internet di kartu Indosat. cara ini tidak butuh kuota maupun pulsa karena memang ini adalah fasilitas gratis dari indosat. caranya adalah :

  • Buka aplikasi SMS di Hp kamu dan dan ketik sms “USAGE” dan kirim ke 363
  • Tunggu beberapa detik kemudian akan mendapatkan SMS balasan yang berisi informasi paket internet masa aktif kartu indosatmu.

Cara 2 : Menggunakan DIAL 

  • Ketik di aplikasi telepon dengan menDIAL *363#, lalu tekan Call. Kemudian muncul pesan popup untuk memilih opsi apa yang akan kamu lihat.
  • Kamu juga bisa cek kuota lainnya dengan mengetik nomor tujuan. Kamu akan mendapatkan SMS  dari 363 tadi yang menginformasikan jumlah kuota internet dan masa aktifnya.

Kuota Internet Smartfren

cek kuota internet mysmartfren

Cara 1 : Menggunakan Aplikasi MySmartfren

Jika koneksi internetmu menggunakan jaringan Smartfren, kamu bisa mendownload terlebih dahulu aplikasi MySmartfren gratis di playstore maupun appstore. Aplikasi ini sudah terinstal otomatis di Hp merek smartfren.

Setelah aplikasi MySmartfren terinstall, anda dapat melakukan pengecekan kuota dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi MySmartfren di Hp kamu, kemudian buat ID login menggunakan Nomor smartfen kamu.
  • Setelah berhasil login, kamu bisa langsung otomatis melihat sisa kuota intenet smartfren kamu.
  • Bukan hanya kuota internet, kamu juga bisa mendapatkan beragam informasi menarik lainnya, seperti jumlah pemakaian kuota, informasi masa aktif kartu, informasi promo, dan lainnya.

Cara 2 : Menggunakan SMS ke 995 dan DIAL 

Cek kuota internet melalui SMS merupakan cara yang tergolong mudah. Berikut cara penggunaannya:

  • Buka aplikasi pesan SMS dan ketikkan “CEK” lalu kirim ke 995
  • Dalam beberapa detik kamu akan menerima SMS balasan yang isinya informasi layanan internet berupa. sisa kuota dan juga masa aktifnya
  • Kamu bisa juga bisa menggunakan cara DIAL dengan cara masuk ke aplikasi telepon dan DIAL *995#
  • kemudian nanti ada Sms yang berisi informasi kuota dan masa aktifnya. ini sama seperti yang metode SMS.
  • Layanan ini free atau tidak dikenakan biaya pulsa